1.
PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pasar adalah salah satu dari berbagai
sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial
dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang.
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk
memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan
kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian
bertumbuh menjadi keinginan manusia.
2.
JENIS-JENIS PASAR
1) Pasar Konsumsi
Adalah pasar yang menjual barang-barang untuk keperluan konsumsi. Misalnya
menjual beras, sandal, lukisan dan lain-lain. Contohnya adalah Pasar Mergan di
Malang, Pasar Kramat Jati di Jakarta dan lain-lain.
2) Pasar Faktor Produksi
Adalah pasar yang menjual barang-barang untuk keperluan produksi. Misalnya
menjual mesin-mesin untuk alat produksi barang, lahan untuk pabrik dan
lain-lain.
3.
KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
Terdapat 5
konsep inti pemasaran, yaitu :
1. Kebutuhan (needs)
Kebutuhan manusia (human needs) adalah ketidakberadaan beberapa
pemuas dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian, tempat berlindung,
keamanan, hak milik dan harga diri.
Sebagai pelaku usaha harus jeli dalam membidik kebutuhan manusia pada saat sekarang ini.
2. Keinginan (wants)
Adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik. Meskipun kebutuhan
manusia sedikit, keinginan mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan
diperbaharui sejalan dengan perkembangan jaman.Bagi kalangan pengusaha yang
ingin membidik pasar dari segi keinginan manusia ini harus benar-benar
sekreatif mungkin sehingga konsumen tertarik.
3. Permintaan (demands)
Adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan
kesediaan untuk membelinya. Keinginan jadi permintaan jika didukung oleh daya
beli.
4. Produk
Manusia dalam memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan menggunakan
produk. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan
suatu kebutuhan dan keinginan. Produk atau penawaran dapat dibedakan menjadi
tiga, yaitu barang, jasa, dan gagasan.
5. Nilai, Biaya, dan Kepuasan
Nilai (value) adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk
memuaskan kebutuhannya.
Biaya (cost) adalah pengorbanan yang dikeluarkan untuk memenuhi suatu
kebutuhan.
Kepuasan adalah rasa yang timbul karena adanya pemenuhan kebutuhan
4.
MANAJEMEN PEMASARAN
A. KEADAAN PERMINTAAN DAN TUGAS PASAR
Sebagai manajer pemasaran juga harus mengadakan penyesuaian terhadap
permintaan pasarnya. Ini dilakukan dengan mengatur tingkat, waktu, dan
sifat-sifat permintaan sedemikian rupa, sehingga membantu perusahaan dalam
mencapai tujuannya.
Adapun macam-macam keadaan permintaan dan tugas pemasaran adalah sebagai
berikut :
Keadaan
Permintaan
Tugas Pemasaran
a.
Permintaan Negatif
Positifkan permintaan
b. Tak ada
Permintaan Ciptakan
Permintaan
c.
Permintaab
Latent
Kembangkan Permintaan
d.
Permintaan Menurun
Tingkatkan
Permintaan
e.
Permintaan Tak Teratur
Selaraskan Permintaan
f.
Permintaan Penuh
Pertahankan Permintaan
g.
Permintaan Berlebihan
Kurangi Permintaan
h.
Permintaan Tak
Sehat
Tiadakan Permintaan
B. FALSAFAH MANAJEMEN PEMSARAN
Terdapat 5 falsafah/pedoman yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk
menjalankan aktivitas pemasaran, yaitu:
1. Production Concept
Konsumen lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah harganya
2. Product Concept
Konsumen menyukai produk produk yang menawarkan kualitas, dan kinerja
terbaik, serta fitur fitur yang inovatif
3. Selling Concept
Konsumen dan pebisnis hanya akan membeli produk yang melakukan usaha usaha
pemasaran yang aktif. Konsumen tidak akan membeli jika tidak ada usaha
pemasaran yang gencar
4. Marketing Concept
Kunci pencapaian sasaran organisasi adalah seberapa efektif suatu
perusahaan dalam menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan nilai
pelanggan yang lebih superior kepada target pasarnya disbanding dengan
pesaingnya
5. Holistic Marketing Concept
Æ Relationship Marketing :
Relationship marketing memiliki tujuan membangun secara bersama-sama
relationship jangka panjang yang memuaskan dengan pihak pihak kunci, seperti:
customer, supplier, distributors, dan partner pemasaran lainnya, sehingga mampu
menghasilkan dan mempertahankan bisnisnya.
Æ Integrated Marketing :
Pemasaran terintegrasi yang memadukan:
Product , Price, Place, Promotion (Advertising, Sales
promotion, Events and experiences, Public relations, Direct marketing, Personal
selling)
Æ Internal Marketing :
Pemasaran internal merupakan tugas memilih, melatih, dan memotivasi
pekerja/employee yang ingin melayani pelanggan secara baik
Æ Social Responsibility Marketing :
Pemahaman akan wawasan yang luas serta etika, lingkungan, hokum, dan social
dalam konteks aktifitas dan program pemasaran
5.
BAURAN PEMASARAN
Merupakan empat
komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni :
1. Product (produk)
Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang
dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa
ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.
2. Price (harga)
Adalah suatu nilai tukar yang bisa di samakan dengan
uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa
bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
3. Place (tempat, termasuk juga distribusi)
Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran.
4. Promotion (promosi)
Adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan
produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau
mengkonsumsinya.
6.
TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Ada empat alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
1) Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum,
akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmurkan maksimum
2) Memaksimumkan Kepuasan konsumen
Memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan
konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada
individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan
dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima seseorang tergantung dari
sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
3) Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok
barang; mutu
lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur.
4) Memaksimumkan Pilihan Konsumen
7.
PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
v Pendekatan Serba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu :
-
pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan,
-
pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi
-
dan grading, pengumpulan informasi pasar
v Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal :
produsen, suplier, perantara dagang dsb
v Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir
atau konsumen industri
v Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat dari
pendapat manajer serta keputusan yang diambil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar