Jumat, 30 Maret 2012

Tulisan


Kiat Sukses Berteman Tanpa Konflik

Hidup bermasyarakat memang sudah menjadi keharusan bagi siapa saja yang hidup di dunia ini. Adakah orang yang bisa hidup sendiri tanpa orang lain? Tentu saja tidak ada. Berbagai macam manusia dengan aneka karakter membuat kita harus bisa menempatkan diri dengan baik.
1.  Memperlakukan Orang Lain Sebagaimana Ia Menyukai Hal Tersebut Diperlakukan untuk Dirinya
Inilah prinsip pertama yang sengaja saya tempatkan diurutan teratas, karena prinsip ini begitu agung dan mulia. Seandainya saja semua individu menerapkan prinsip ini tentu tidak ada lagi konflik yang menerpa kita. Karena mereka akan berpikir dan mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum bertindak.
·  Jika kita tidak ingin dikhianati maka janganlah kita coba-coba mengkhiananti orang lain.
·        Jika kita tidak ingin ditipu maka janganlah sekali-kali kita menipu orang lain
·        Jika kita ingin orang lain tersenyum kepada kita ketika bersua maka kita pun mengharuskan diri senyum kepada orang lain
·  Jika kita ingin orang lain menyapa dan ramah kepada kita maka hendaknya kitapun mengharuskan diri kita untuk ramah kepada orang lain dan seterusnya.

2.     Berkata Baik atau Diam
Hal ini dikarenakan penjagaan terhadap lisan, mempergunakannya untuk ucapan-ucapan yang baik dan diam untuk ucapan yang buruk adalah salah satu tanda dari keimanan. Sesuatu yang paling berat bagi lisan adalah menjaganya.

3.     Bermuka Manis Ketika Bertemu
Bermuka manis mampu mendatangkan kebahagiaan kepada siapa saja yang bertemu denganmu termasuk mereka yang suka bermuka cemberut ketika bertemu. Ia mampu menghadirkan rasa kasih sayang dan cinta dan membuat hati menjadi lapang. Bahkan kelapangan hati itu tidak hanya pada dirimu tapi juga orang yang yang bertemu denganmu. Namun jika engkau bermuka muram dan merengut pastilah orang-orang akan lari darimu, mereka tidak nyaman duduk bersanding denganmu, lebih-lebih untuk bercakap-cakap denganmu.

4.     Menebarkan salam/ menyapa
Tebarkanlah salam di antara kalian’, hadits ini mengandung perintah yang agung untuk menebarkan salam kepada kaum muslimin baik yang engkau kenal maupun yang tidak engkau kenal. Hal ini juga dapat meberikan penilaian positif seseorang ketika pertama bertemu.

5.     Berteman dengan Orang Shalih
Begitu besarnya pengaruh teman terhadap eratnya jalinan persaudaraan. Teman yang shalih akan senantiasa menunaikan hak saudaranya, menjaga kehormatan saudaranya, saling menyayangi diantara mereka, saling menasehati dalam ketakwaan, tolong menolong dalam kebaikan dan saling mencintai dan membeci karena Allah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar